INFO IN IKLIMAH'S BLOG

Sabtu, 31 Agustus 2013

Methode Pembelajaran, Karena belajar itu Seni yang Kreatif

Pembelajaran kadang di butuhkan hal yang sangat tepat ntuk membantu siswa dalam belajar.
Hal ini di pengaruhi beberapa faktor yang mendukung.
Hal yang terutama adalah kita harus pandai membuat siswa kita nyaman dan aktif dalam belajar.
Siswa tidak akan mencerna pelajaran jika methode ynag kita terapkan kurang tepat.
Methode yang mungkin bisa di terapkan dlam proses belajar yaitu slah satunya Students center learning. Metode ini menuntut siswa dan murid berperan aktif dalam proses pembelajaran
 Siswa bukan hanya terus di tuntut menjawab setiap pertanyaan yang semakin berjubel dalam text book namun siswa di tuntut kreatif dan inovative dalam belajar.

Dalam pembelajaran matematika kali ini saya menggunakan hal yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.
Meminta siswa untuk melakukan survey secara sederhana atau sering di sebut mini research.

siswa Kelas 3 yang saya ajar mereka belajar mengenai nama nama bulan, jumlah hari dalam satu bulan, tahun dan kelipatan kelipatan bulan .
Untuk menarik perhatian siswa,  saya memberi mereka  kertas A4. lalu siswa harus membuat  kolom dan 15 baris. setelah itu,
kolom pertama di isi No,
kolom kedua di sisi nama
kolom ketiga di isi tanggal lahir
kolom terakhir di isi tahun lahir

setelah semua siswa membuat kolom dan keterangan yang saya minta, maka mereka di beri kesempatan 15 menit untuk menemui dan mewawancarai kawannya dan bertanya kapan mereka lahir dan tahun berapa.
Setelah data terlengkapi, mereka harus mengurutkan siapa saja yang memeiliki kesamaan tanggal lahir dengan dia dan  mengurutkan siapa saja yang memiliki tanggal lahir yang berbeda dengan dia.

Motode ini berjalan mulus di kelas yang saya aja, semua siswa mampu mengikuti instruksi yang saya berikan dan mereka juga berperan aktif dalam kegiatan yang telah di berikan. sehingga hasil dari pembelajaran ini tercapai dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar